DOSEN MENGABDILPPM

AROMATERAPI LAVENDER DAN PIJAT RELAKSASI KEPALA PEREDA DYSPAREUNIA PADA IBU PASCA MELAHIRKAN

Yunik Windarti, SST., M. Kes, Fritria Dwi Anggraeni, SST., M. Kes, Hinda Novianti, SST., M.Kes, dr. Diah Retno Kusumawati, M.Ked.Trop,Sp.MK
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di RW IV Kelurahan WonokromoSurabaya Jawa Timur pada tanggal 22 Juni 2022 dan dihadiri oleh 25 orang yang terdiri dari kader dan ibu nifas. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang aromaterapi lavender terkait nyeri saat berhungungan seksual dan keterampilan pijat relaksasi kepala pada ibu pasca melahirkan.

Aromaterapi merupakan salah satu upaya non farmakologis untuk meningkatkan derajat kesehatan. Manfaat aromaterapi lavender adalah memberi ketenangan, mengurangi rasa nyeri (sakit kepala, dysminorhea, dyspareunia), mengendorkan sitem kerja urat syarat dan otot yang tegang, membantu mengurangi insomnia, memperbaiki mood / suasana hati, dan mengurangi tingkat kecemasan. Pijat relaksasi kepala merupakan suatu tehnik pijatan pada area kepala dan wajah. Manfaat pijat relaksasi adalah mengurangi ketegangan atau stress, membuat nyaman, dan merupakan salah satu stimulus hormone kebahagiaan.

Hasil questioner pre dan post dari 16 peserta yang bersedia mengisi penuh dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu pemahaman tentang manfaat aroma terapi lavender sebesar 43,75 % naik menjadi 87,5%. Sebelum dilakukan edukasi, sebagian peserta (68,75%) belum mengetahui tentang aromaterapi lavender dapat mengurangi nyeri saat berhubungan seksual pasca melahirkan, dan pemahaman tentang pijat relaksasi kepala sebesar 37,5% naik menjadi 81,25%.

Penggunaan aromaterapi lavender pada ibu pasca melahirkan sebelum melakukan aktifitas seksual dapat mengurangi nyeri saat berhubungan seksual. Pijat relaksasi kepala yang dilakukan pada ibu nifas dapat memberi kenyamanan pada ibu.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *