BERITA

Mahasiswa Akuntansi Unusa Lakukan Study Visit ke Perusahaan

Story Highlights
  • Study Visit
  • ASEAN Economic Community.

Pasuruan – Di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), mahasiswa dituntut untuk memiliki kompetensi keilmuan dan keterampilan. Hal ini menjadikan nilai tambah terhadap mahasiswa dalam berkompetisi di dunia kerja. Adanya fenomena tersebut mengharuskan setiap mahasiswa mempunyai soft skill dan hard skill untuk memasuki ASEAN Economic Community. S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) melihat adanya peluang untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa. Sebanyak 68 mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNUSA melakukan kegiatan Study Visit ke PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora group) Pasuruan, akhir bulan lalu.

Endah Tri Wahyuningtyas, SE., MA.,  Ketua Prodi S1 Akuntansi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menjelaskan mahasiswa perlu mengetahui dunia kerja, mereka tidak serta merta mempelajari ilmu di bangku perkuliahan, tetapi mereka juga perlu wawasan di luar perkuliahan. Indonesia memasuki era ASEAN Economic Community. Hal ini menjadikan peluang bagi setiap mahasiswa, khususnya mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNUSA. “Secara tidak langsung kegiatan ini dapat memberikan pengalaman nyata terhadap dunia kerja, bagaimana proses produksi, pemasaran, serta pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu mahasiswa dapat mengamalkan teori/materi perkuliahan dalam aktivitas usaha sehari-hari, mahasiswa dapat menerapkannya sehingga terbentuk jiwa kewirausahaan, serta mereka mengetahui materi dan praktik. Kedua aspek tersebut dapat berkesinambungan satu sama lain,” ujarnya, Rabu (06/12).

Puspa Setia Arum Sari, mahasiswa Prodi S1 Akuntansi  ini menjelaskan kesan positif terhadap kegiatan study visit tersebut. Mulai dari sambutan dari pihak tuan rumah, penjelasan bagaimana sejarah berdirinya PT Tirta Fresindo Jaya (Mayora group), proses awal hingga akhir produksi hingga sampai akhir produksi. “Kegiatan ini merupakan tambahan wawasan baru bagi kami selaku mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Kami dapat melihat serta mempelajari aktivitas yang dilakukan oleh suatu perusahaan secara langsung,” ungkapnya.

Lanjutnya, “Semoga dengan adanya kegiatan study visit ini dapat menjalin kerjasama antara UNUSA dengan perusahaan yang kami kunjungi. Serta memperluas wawasan dan pengetahuan tentang pembelajaran di luar kelas yang tidak ada di dalam materi perkuliahan,” pungkas perempuan angkatan 2016 ini. (Humas Unusa)

Related Articles

Back to top button