DOSEN MENGABDILPPM

PELATIHAN SENAM ERGONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KADER LANSIA MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI

Yurike Septianingrum, S.Kep., Ns., M.Kep
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh Yurike Septianingrum, Muhammad Khafid, Nety Mawarda Hatmanti, Difran Nobel Bistara, dan Retna Gumilang pada bulan April hingga Mei 2022 di Kampus A UNUSA, Jalan SMEA No. 57 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Peserta pelatihan adalah kader kesehatan lansia di RW 03 dan RW 08 Kel. Wonokromo, Kec. Wonokromo, Surabaya sebanyak 10 orang kader yang terdiri dari 9 orang perempuan dan 1 orang laki-laki.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup lansia adalah dengan mendirikan Pos Layanan Terpadu (Posyandu) Lansia. Pembangunan kesehatan lansia melalui Posyandu Lansia memberikan manfaat yang besar bagi lansia dalam mengelola kesehatannya, salah satunya adalah penderita hipertensi. Kegiatan yang dilakukan di Posyandu Lansia adalah pemeriksaan kesehatan (tekanan darah, nadi, gula darah, kolesterol, asam urat), pengobatan, hingga latihan fisik seperti senam lansia. Kelangsungan Posyandu Lansia tentunya dipengaruhi oleh keterlibatan kader yang kompeten dan terampil. Keterampilan kader kesehatan lansia diperoleh melalui pengetahuan yang tinggi.

Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia, berdampak besar bagi kesehatan para lansia karena mereka adalah kelompok yang paling berisiko tertular COVID-19. Kondisi ini menyebabkan aktivitas yang berhubungan dengan lansia terhenti. Selama masa pandemi Covid-19, seluruh kegiatan di Posyandu Lansia berada dalam keadaan vakum, sehingga lansia yang menderita hipertensi tidak dapat mengontrol kondisi kesehatannya, sehingga berdampak pada peningkatan risiko komplikasi hipertensi seperti stroke. Pelatihan senam ergonomis bagi kader lansia dilakukan sebagai bentuk penyegaran keterampilan kader kesehatan lansia dan pengaktifan kembali kader dalam upaya peningkatan kesehatan lansia. Kelurahan Wonokromo merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Wonokromo. Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Pelatihan senam ergonomis bagi kader kesehatan lansia sebagai bentuk upaya pemberdayaan masyarakat mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader kesehatan lansia dalam melaksanakan senam ergonomis. Hasil pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu mengoptimalkan peran kader sebagai penggerak pelayanan kesehatan lansia. Senam ergonomis yang diajarkan dapat dijadikan sebagai alternatif latihan fisik yang aman bagi lansia, dan dapat dilakukan secara rutin untuk menurunkan tekanan darah pada lansia.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *