DOSEN MENGABDILPPM

SOSIALISASI DUKUNGAN KELUARGA UNTUK PENDERITA DM BERSAMA LASKAR GERTAK KITA DI KEBONSARI SURABAYA

Rusdianingseh, M.Kep., Ns.Sp.Kep.Kom
Siti Maimunah, S.Ag., M.Pd.I
R. Khairiyatul Afiyah, M.Kep., Ns. Sp.Kep.Mat
Siti Damawiyah, S.Kep., Ns., M.Kep
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Kegiatan pengabdian masyarakat tentang “Sosialisasi Dukungan keluarga Untuk Penderita DM Bersama Laskar Gertak Kita Di Kebonsari Surabaya”. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2021. Laskar Gertak Kita (Gerakan Serentak Kesehatan Ibu dan Balita) merupakan kader kesehatan yang dibentuk oleh Prodi S1 keperawatan dan Profesi Ners FKK Surabaya pada tahun 2018.

Laskar Gertak Kita merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat yang dapat membantu memberikan edukasi kesehatan pada masyarakat sekitar. Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan Laskar Gertak Kita bertujuan untuk ikut berperan aktif di masyarakat. Pengetahuan yang juga penting diberikan adalah bentuk dukungan keluarga untuk penderita DM. Berdasarkan wawancara dengan kader Gertak bahwa jumlah penderita DM terus meningkat dan beberapa penderita belum mendapatkan dukungan keluarga secara maksimal.

Dukungan keluarga diyakini memiliki pengaruh terhadap kualitas hidup penderita DM. Keluarga merupakan bagian penting dari seseorang begitu pula dengan penderita DM. Penderita DM tipe 2 diasumsikan memiliki masa-masa sulit seperti berbenah diri, sering mengontrol gula darah, pola makan, dan aktivitas. Noviarini dkk (2013),

Dukungan keluarga dan kepedulian dari orangorang terdekat penderita diabetes mellitus memberikan kenyamanan, perhatian, kasih sayang, dan motivasi pencapaian kesembuhan dengan sikap menerima kondisinya. Hal tersebut dapat teramati melalui ungkapan salah satu penderita diabetes mellitus yang menyebutkan bahwa melalui usahanya serta bantuan dari orang-orang terdekat, penderita tersebut dapat teratur mengonsumsi obat sesuai dosis yang diberikan dokter. Penelitian Yusra (2010), menyatakan bahwa hasil wawancara dengan lima orang pasien DM tipe 2, dua orang diantaranya mengatakan sudah bosan dengan penyakitnya dan merasa telah membebani keluarga, sedangkan tiga pasien lainnya merasa sulit melakukan ibadah dan kurang diperhatikan keluarganya.

Implementasi kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pendidikan kesehatan dan demonstrasi kader dalam menyampaikan promosi kesehatan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah/ penyuluhan materi dukungan keluarga dengan menggunakan media lembar balik.Berdasar hasil evaluasi, terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan laskar Gertak Kita tentang pentingnya dukungan keluarga untuk penderita DM.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *