DOSEN MENGABDILPPM

STIMULASI DAN DETEKSI DINI PERKEMBANGAN BALITA OLEH KADER

Uke Maharani Dewi, SST. M.Kes
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Stimulasi dan deteksi dini perkembangan balita merupakan bagian pelayanan kesehatan yang wajib didapatkan oleh balita. Salah satu jejaring dalam pelaksanaan program stimulasi dan deteksi dini perkembangan balita adalah posyandu balita. Kader sebagai pelaksana layanan posyandu dituntut untuk dapat melaksanakan pelayanan tersebut. Untuk itu diperlukan pelatihan bagi kader agar dapat memberikan pelayanan tersebut.

Tim pengabdian masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Uke Maharani Dewi, Elly Dwi Masita, Nur Zuariyah memberikan pelatihan stimulasi dan deteksi dini perkembangan balita kepada kader posyandu balita di Posyandu Teratai 015 Kelurahan Wonokromo Surabaya. Kegiatan tesrsebut diikuti oleh 18 kader aktif posyandu balita. Dari 18 kader hanya satu kader yang pernah mendapatkan pelatihan tersebut, sehingga pelaksanaan layanan stimulasi dan deteksi dini perkembangan balita di posyandu tersebut kurang maksimal.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan memberikan penjelasan mengenai pengertian stimulasi dan deteksi dini perkembangan balita, kapan pelayanan tersebut diberikan kepada balita, instrument apa yang digunakan dan bagaimana cara menggunakan instrument tersebut.

Hasil pelatihan sangat memuaskan yang dibuktikan dengan terlaksananya pelayanan stimulasi dan deteksi dini perkembangan balita di posyandu Teratai 015 Kelurahan Wonokromo, Surabaya.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *