DOSEN MENGABDILPPM

WORKSHOP WIRAUSAHA: MENCARI PELUANG-PELUANG PRODUK/JASA WIRAUSAHA DI PONDOK PESANTREN JAGAD ALIMUSIRRY KETINTANG SURABAYA

Mohamad Rijal Iskandar Zhulqurnain, S.M., M.Comm
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Surabaya – Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital (FEBTD) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Mohamad Rijal Iskandar Zhulqurnain, S.M., M.Comm. menjalankan program pengabdian masyarakat dengan memberikan workshop kewirausahaan dan peluang usaha produk/jasa pondok pesantren pada santri pondok pesantren mahasiswa Jagad Alimussirry Surabaya pada hari Jumat 10 Juni 2022. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara offline dan diikuti sekitar 20 peserta dari santri Pondok Pesantren Mahasiswa Jagad Alimusirry Surabaya.

Dalam pelaksanaannya, Mohamad Rijal Iskandar Zhulqurnain, S.M., M.Comm mengungkapkan “masih banyak peluang wirausaha dari produk ataupun jasa yang belum dimanfaatkan atau dimaksimalkan oleh para santri pondok pesantren yang sebenarnya di sekitar mereka peluangnya cukup potensial, sehingga perlu adanya semacam workshop untuk membantu mereka mengidentifikasi peluang tersebut dan memanfaatkannya menjadi bisnis yang profitable bahkan sustainable”. (10/6)

Dari penjelasan tersebut tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang identifikasi serta pemanfaatan peluang wirausaha untuk produk atau jasa yang dapat dilakukan santri bahkan melibatkan warga sekitar. Hal ini diharapkan memberikan dampak positif bagi santri maupun pondok pesantren secara keseluruhan.

Salah satu poin yang disampaikan Mohamad Rijal Iskandar Zhulqurnain, S.M., M.Comm dalam acara tersebut adalah contoh pengelolaan larva menjadi pupuk organik yang bagi Sebagian orang larva dianggap sebagai hal yang mengganggu namun sebenarnya dapat menjadi peluang bisnis. Hal ini bisa di adopsi oleh santri misalnya dengan kemampuan mereka menghasilkan karya-karya digital seperti podcast religi ataupun olahan cover irama sholawat dan lagu.

materi pengabdian masyarakat ini utamanya terkait dengan motivasi wirausaha, namun  dalam hal ini tim pengabdian masyarakat ingin berbagi pengalaman dan sharing ilmu dari sisi pemanfaatan peluang yang langsung dapat di aplikasikan para santri di lingkungan pondok pesantren Jagad Alimusirry Surabaya. Para santri sangat berterima kasih dan merasa senang dengan materi yang disampaikan karena sangat bermanfaat dan dapat langsung mereka praktekkan untuk menambah pengalaman terutama dalam langkah awal mereka menjalankan wirausaha. 

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *