LPPM Unusa Jalin Kerjasama dengan Yayasan Sosial Nurul-Haqq Sidoarjo

LPPM Unusa Jalin Kerjasama dengan Yayasan Sosial Nurul-Haqq Sidoarjo

Sidoarjo – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Melakukan kerjasama dengan Yayasan Sosial Nurul-Haqq Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo dalam hal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Minggu (19/11).

Bentuk kerjasama ini merupakan peran serta Unusa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tugas LPPM Unusa salah satunya untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Yayasan Sosial Nurul-Haqq Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo merupakan mitra LPPM Unusa untuk menjadi wadah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Bidang 3 LPPM Unusa, Moh. Ghofirin, M.Pd. menuturkan, dalam rangka turut mendukung perkembangan pembangunan dan dinamika masyarakat, maka perlu peran lebih dari perguruan tinggi untuk ikut terlibat dalam mendorong pembangunan nasional dan menyelesaikan persoalan pembangunan yang dihadapi oleh masyarakat. “Berdasarkan dinamika dan perubahan tersebut, maka kegiatan riset/ penelitian dan pengabdian kepada masyarakat perlu dirasakan oleh masyarakat. Selain itu, masyarakat juga wajib ikut serta dalam hal tersebut. Itulah salah satu tujuan LPPM Unusa menjalin kerjasama dengan Yayasan Sosial Nurul Haqq Sidoarjo ini,” tuturnya saat memberikan sambutan di Masjid Nurul Haqq Sidoarjo.

Pria yang menjadi dosen di Prodi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unusa ini menambahkan, kegiatan pengabdian masyarakat di Unusa diarahkan meningkatkan peranan dosen dalam kehidupan masyarakat melalui pembinaan dan penerapan IPTEKS yang sesuai dengan nilai – nilai sosial budaya yang berlaku di masyarakat. Bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain: penyuluhan, pelatihan, teknologi tepat guna, pelayanan konsultasi tentang masalah–masalah manajemen, teknologi, komunikasi, pendampingan, dan lain-lain dengan muara pengembangan desa binaan, pengembangan potensi alam dan sumber daya manusia maupun wilayahnya serta publikasi ilmiah pengabdian kepada masyarakat.

“Ke depannya, Unit-Unit yang ada di Yayasan Nurul Haqq akan menjadi sarana dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen dan mahasiswa Unusa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat disesuaikan untuk mendukung kegiatan penelitian dalam rangka mewujudkan academic reputation. Pengintegrasian kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menjadi sangat penting untuk mendukung kegiatan pengajaran yang dilakukan oleh dosen sesuai dengan bidang keahliannya dan topik-topik kegiatan pengabdian masyarakat di Unusa,” ungkap Pria yang menjabat Kepala Humas Unusa tersebut.

Ketua 2 Yayasan Nurul Haqq Sidaorjo, H. Solikhul Ibadi mengungkapkan, rasa senang dan terima kasih kepada Unusa yang telah menjadikan Yayasan Nurul Haqq Sidoarjo untuk menjadi wadah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Tahun ini, merupakan tahun kedua pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Unusa. Kami sangat senang dan berterima kasih karena telah memilih Yayasan Nurul Haqq sebagai tempat pengbadian kepada masyarakat. Kami menunggu acara-acara pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Unusa lagi,” tuturnya. (Humas Unusa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *