PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING DAN VIDEO PEMBELAJARAN GURU SD AL-ISLAMIYAH SURABAYA

Dewi Widiana Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Tujuan Kegiatan : meningkatkan kemampuan dan pemahaman guru dalam penyusunana perangkat pembelajaran berbasis blended learning serta membuat video pembelajaran yang menarik untuk proses belajar mengajar. Proses pendampingan pelatihan ini dilaksanakan 19 Januari 2021-maret 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari tri darma perguruan tinggi.Perangkat pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi perkembangan pada masa pandemi sehingga jika sebelumnya guru merancang perangkat pembelajaran untuk kelas tatap muka maka pada masa pandemik guru dituntut untuk mampu menyusun perangkat pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring maupun blended learningMenyadari urgensi penguasaan pembuatan perancanaan pembelajaran secara daring tim pengabdian masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya mengadakan kegiatan sharing session penyusunan perangkat pembelajaran daring bagi guru di SD Al Islamiyah Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan secara blended di SD Al-Islamiyah Surabaya salama beberapa minggu dengan Tujuan guru dapat lebih memahami dan mendapatkan bimbingan dari tim dalam kemampuan memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran. Pada kegiatan ini para guru mendapatkan pendampingan dalam membuat video pembelajaran yang menarik sehingga dapat dimanfaatkan siswa selama pembelajaran di era new normal. Sehingga dengan adanya pendampingan ini siswa-siswi SD Al-Islamiyah dapat lebih mudah melaksanakan pembelajaran dari rumah. Pada penerapan pembelajaran daring tidak lepas dari pemanfaatan teknologi seperti smartphone, laptop dan juga koneksi internet Wi-fi maupun jaringan seluler yang dimanfaatkan sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Smartphone gadget adalah hal yang paling umum digunakan peserta didik daripada laptop, karena lebih praktis dan banyak fitur canggih (Subiyakto, B., Susanto, H.. & Akmal, H.. 2019). Kemampuan memanfaatan teknologi merupakan hal yang terpenting dalam pembelajaran daring, kemapuan tersebut diantaranya adalah membuat vidio pembelajaran yang menarik dengan menerapkan berbagai aplikasi penunjang. Selama masa pandemic dinas Pendidikan kota Surabaya juga sudah banyak memberikan pelatihan tentang aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan guru sebagai alternative pembelajaran dari rumah, hanya saja karena pelatihan dilaksanakan secara daring sehingga kurang memaksimalkan kemampuan guru dalam menerapkan. Sehingga tim pengabdian masyarakat Unusa tergerak untuk membantu para guru di SD Al-Islamiyah Surabaya untuk lebih memantapkan kembali terkait pemanfaatan teknologi digital. Meskipun pembelajaran dilaksanakan dari rumah para guru teetap hadir di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga selama guru di sekolah tim pengabdian masyarakat Unusa berusaha mendampingi dalam mempersiapkan kegiatan belajar mengajar mulai dari penfaatan tenologi dengan melakukan perekaman dan mengunggah di youtube, pemanfaatan aplikasi sway, serta menyusun perangkat pembelajaran baik secara daring maupun secara blended learning.