DOSEN MENGABDI

Upaya Penanggulangan Bencana Kebakaran melalui Pelatihan Pemadaman Kebakaran dan Penyediaan APAR di Bengkel Reparasi Truk

Ratna Ayu Ratriwardhani, S.ST., M.T
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

CV. Karya Cipta Baru terletak di Jalan Raya Manukan Kulon No. 123, Kota Surabaya. CV. Karya Cipta Baru merupakan suatu tempat kerja yang bergerak di bidang reparasi truk, konstruksi, dan karoseri. Alur Produksi CV. Karya Cipta Baru terbagi menjadi 3 proses pekerjaan. Proses pekerjaan yang pertama yaitu pemotongan, dimana pada saat proses pekerjaan ini dimulai dengan pengukuran benda kerjanya terlebih dalulu bisa dalam bentuk rangak truk maupun bak truk. Setelah diukur dilakukan proses kerja yang kedua yaitu pengelasan. Pengelasan pada proses kerja ini dilakukan dengan berbagai metode pengelasan (las listrik, las CO2, dan las argon). Kemudian setelah dilakukan pengelasan maka hasil las akan diamplas terlebih dahulu agar hasil pengelasan terlihat lebih rapi. Selanjutnya adalah proses pengecatan dimana sebelum dilakukan pengecatan dilakukan pendempulan terlebih dahulu untuk rangka dan bak truk dengan tujuan mendasari pengecatan, meratakan, dan menghaluskan bidang kerja serta menambal bidang kerja yang tergores atau penyok.

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan di lokasi, pengetahuan dan keterampilan tentang penanggulangan kondisi darurat khususnya kebakaran belum dikuasai oleh para pekerja, bahkan tidak tersedianya APAR di lokasi tersebut. Hal tersebut tentu menjadi permasalahan tersendiri apabila terjadi suatu kebakaran mengingat sebagaian besar proses pekerjaan yang dilakukan di industri tersebut memiliki potensi yang tinggi akan terjadinya kebakaran.

Oleh karena itu pengetahuan dan keterampilan tentang penanganan jika terjadi kebakaran pada pekerja CV. Karya Cipta Baru memerlukan perhatian, karena jika terjadi kebakaran dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar. Solusi yang diberikan adalah pemberian materi pencegahan dan penanggulangan kebakaran  kepada para  pengurus  ponpes  dan  santri di CV. Karya Cipta Baru, pelatihan pemadaman kebakaran dengan menggunakan karung goni dan alat pemadam api ringan, identifikasi jumlah kebutuhan APAR sesuai Permenakertrans No. 4 Tahun 1980, dan penyediaaan  Alat  Pemadam  Api  Ringan  yang  dipasang  di  beberapa  titik. Tujuan dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat di CV. Karya Cipta Baru adalah untuk mengedukasi para pekerja tentang bahaya kebakaran dan tata cara penanganannya, selain itu materi tata cara penanganan kebakaran dilakukan dengan cara simulasi atau praktik dengan menggunakan alat pemadam api tradisional yaitu karung goni dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Hasil yang telah didapatkan dari kegiatan ini adalah pengetahuan para peserta tentang penanggulangan bencana kebakaran di tempat kerja terbukti meningkat, semua peserta juga dapat memadamkan kebakaran dengan menggunakan karung goni dan alat pemadam api ringan. Identifikasi jumlah kebutuhan APAR sesuai Permenakertrans No. 4 Tahun 1980 juga telah dilakukan, berdasarkan perhitungan dibutuhkan 14 APAR. Kami juga memberikan  Alat  Pemadam  Api  Ringan  kepada CV. Karya Cipta Baru.

Fina Amru Millati, S.Kom

Staff Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *