DOSEN MENGABDILPPM

DETEKSI DINI KESEHATAN KITA DAN MENJADI SEHAT MANDIRI DENGAN MEDITATION HEALING EXERCISE

Rahmadaniar Aditya Putri, Nurul Kamariyah, Siti Nur Hasina, Nur Azizah A.S
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Penderita Diabetes Mellitus memiliki kerentanan mengalami gangguan vaskular sehingga aliran sirkulasi darah tidak lancar, rentan mengalami gangguan ekstremitas kaki yang bermanifestasi menjadi sumbatan pada pembuluh  darah atau gangguan perfusi jaringan perifer,  ulkus  bahkan  amputasi. Solusi untuk mengurangi jumlah penderitanya yakni dengan memberi intervensi yang akan berdampak luas, yang dapat diberikan melalui pendekatan pelayanan kesehatan primer untuk memperkuat deteksi dini dan penanganan penyakit yang tepat waktu.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini penyakit kronis dengan pemeriksaan kesehatan umum, memberikan pendidikan kesehatan berupa pengetahuan tentang beberapa penyakit kronis dan memberikan pelatihan terhadap Kader dan Masyarakat tentang penatalaksanaan meditation healing exercise.

Pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan model educative dan pelatihan dengan peserta Kader Laskar Gertak Kita dan masyarakat khususnya kategori usia dewasa dan lansia yang tinggal di wilayah RW V 03 Kelurahan Kebonsari Jambangan Surabaya sejumlah 42 orang. Untuk memberikan keterampilan pada masyarakat guna mengendalikan kesehatan bio dan psikologis dan resiko komplikasi. Uji tingkat pengetahuan menggunakan selembar kuisioner yang berisi pertanyaan terkait materi yang diberikan untuk diberikan kepada responden serta diisi sesuai pengetahuannya. Setelah kegiatan usai akan diberi kuesioner kembali yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dari materi yang telah diberikan. Dari hasil penyuluhan dan latihan didapatkan hampir seluruhnya pola asuh orang tua dengan kategori penerimaan dan rata-rata pengetahuan meningkat. Pemberian Pendidikan Kesehatan sangat efektif diberikan bagi penderita Diabetes Mellitus terutama berkaitan dengan pencegahan komplikasi. Diharapkan Pendidikan Kesehatan ini dapat dilakukan secara mandiri oleh penderita diabetes mellitus secara mandiri dirumah.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *