Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Digital Dengan Aplikasi Flipbook Bagi Guru SD di Magetan
Dr. Nafiah, S.Pd.I., M.Pd.
Universitas Nahdaltul Ulama Surabaya
Perkembangan pembelajaran saat ini ditandai dengan penggunaan teknologi digitals penggunaan teknologi digital semakin marak sejak adanya pemberlakukan pembelajaran daring di semua jenjang pendidikan. Salah satu bagian dari pembelajaran yang berubah adalah pada penyusunan buku/bahan ajar siswa bergeser dari manual menjadi elektronik. Buku elektronik atau e-book sangat penting dikembangkan untuk memudahkan siswa tingkat anak sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasinya. Berdasarkan hasil laporan PISA tahun 2019 skor membaca/literasi anak Indonesia berada pada peringkat 72 dari 77 negara. Pengembangan E-book yang menarik bagi siswa Sekolah Dasar dapat dikemas dalam bentuk flipbook. Penggunaan flipbook ini memberikan pengaruh positif karena menyenangkan siswa dalam membaca buku dan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan adanya tampilan buku yang menarik bagi siswa. Hasil penilaian para ahli dan respon guru maupun peserta didik sangat memuaskan, maka e-modul dengan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook yang dihasilkan dianggap layak sehingga dapat dikembangkan (Wibowo and Pratiwi, 2018). Flipbook juga memiliki beberapa kelebihan di antaranya yaitu; dapat menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk kata-kata, kalimat dan gambar, dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa, pembuatannya mudah dan harganya murah, mudah dibawa kemana-mana, dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (Rahmawati, Wahyuni and Yushardi, 2017).
Solusi untuk permasalahan mitra ini pada dasarnya adalah melakukan pelatihan secara daringtentang menyusun bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook meliputi: (1) pengertian, karakteristik, tujuan dan contohnya dan Kiat Pengembangannya. (2) Workshop virtual menyusun bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook (Latihan terbimbing), (2) Diskusi virtual terkait produk yang telah dikembangkan untuk menemukan kelemahan dan keunggulan produk. (5) Penugasan menyusun bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook.
Materi pelatihan mencakup konsep menyusun bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook yang meliputi pengertian, karakteristik esensial (atribut), contoh, dan menyusun bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook bagi guru SD. Adapun strategi pelatihannya dilaksanakan sebagai berikut: Presentasi dan diskusi tentang menyusun bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook disertai contoh penerapan di Sekolah Dasar, Menyusun bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook, tutor mendemonstrasikan beberapa contoh, menyusun bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook diikuti diskusi, pendalaman tentang bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook, Latihaan terbimbing peserta mengembangkan contoh bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook dalam bentuk produk workshop, dan balikan terhadap produk yang disampaikan oleh tutor, latihan diperluas, dilakukan dalam bentuk penugasan dengan target peserta harus menghasilkan beberapa contoh bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook sesuai kebutuhan peserta. Link youtube kegiatan latihan flipbook dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=DTI-yiF5tWc