DOSEN MENGABDI

Pembuatan Puding Daun Kelor untuk Mencegah Stunting di Desa Pepe Sidoarjo

Syiddatul Budury, S.Kep.Ns., M.Kep
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Masa balita merupakan masa yang rentan mengalami masalah gizi, salah satunya adalah stunting, stunting adalah kondisi dimana balita memiliki panjang atau tinggi badan yang kurang jika dibandingkan dengan Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018, terdapat 30,8% balita di Indonesia yang mengalami stunting.

Stunting pada balita merupakan hasil akumulasi dari beberapa faktor yakni, faktor riwayat asupan dan non-asupan. Salah satu dari faktor non-asupan yang dapat meningkatkan resiko adalah kondisi sosial ekonomi. Tingkat ekonomi keluarga berkaitan dengan akses terhadap pangan dan kesehatan keluarga termasuk juga balita. Sedangkan, faktor dari asupan yaitu riwayat konsumsi energi dan beberapa zat gizi seperti protein dan zat besi yang berhubungan dengan terjadinya stunting. Anak usia 12-24 bulan dengan asupan energi dan protein yang rendah atau kurang dari kebutuhan akan meningkatkan resiko menggalami terjadinya stunting.

Tim dari Fakultas Keperawatan dan Kebidanan melalui kegiatan pengabdian masyarakat di RW 16 Pepe Sidoarjo tentang stunting dan pembuatan pudding daun kelor. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan pada ibu tentang stunting dan manfaat pemberian daun kelor pada anak. Kegiatan ini diikuti oleh 17 ibu yang memiliki anak balita di RW 16 Pepe Sidoarjo. Kegiatan dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama memberikan pengetahuan tentang stunting dan asupan gizi untuk anak, tahap kedua melakukan demonstrasi cara membuat puding daun kelor. Orang tua penting untuk mengetahui jenis asupan gizi yang baik untuk anak, makanan yang perlu diberikan tidak harus mahal karena banyak makanan di sekitar kita yang terbukti secara ilmiah mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *