DOSEN MENGABDILPPM

PENINGKATAN KETERAMPILAN KADER LANSIA ERA POST PANDEMI

Nety Mawarda Hatmanti, S.Kep.,Ns.,M.Kep.
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Lansia merupakan individu yang mengalami penurunanan daya tahan tubuh dan fungsi kognitif, seperti kelemahan otot dan penurunan ingatan. Daya tubuh yang menurun pada lansia merupakan salah satu penyebab fungsi tubuh yang terganggu walaupun tidak selamanya hal ini disebabkan oleh proses menua, tetapi dapat pula dari berbagai keadaan seperti penyakit yang sudah lama diderita (kronis) maupun penyakit yang baru saja diderita (akut).

Di Indonesia Posyandu Lansia sudah dilaksanakan sejak lama. Lansia akan mengadakan pertemuan serta pemeriksaan kesehatan di Posyandu Lansia di bawah naungan Puskesmas. Kondisi pandemic COVID-19 telah merubah semua tatanan di masyarakat tidak terkecuali adalah kegiatan di Posyansu Lansia. Posyandu lansia yang diadakan 1x seminggu tidak diadakan lagi mengingat lansia termasuk salah satu kelompok rentan.

Kondisi tersebut membuat tim Dosen Keperawatan di Prodi S1 Keperawatan yaitu Nety Mawarda Hatmanti, S.Kep.,Ns.,M.Kep. dan Ratna Yunita Sari, S.Kep.,Ns.,M.Tr.Kep. mengadakan kegiatan untuk meningkatkan keterampilan lansia setelah berhentinya kegiatan Posyandu Lansia dikarenakan pandemic.

Kegiatan ini dimulai dengan adanya Pendidikan kesehatan kepada 10 orang kader di Kampus A UNUSA tentang Terapi Modalitas pada Lansia yang kemudian dikhususkan dengan edukasi tentang terapi puzzle yang bisa mengatasi gangguan kognitif pada lansia. Para kader juga diajarkan tentang cara pengisian kuesioner MMSE (Mini Mental State Examination) yang dipergunakan untuk mengukur status kognitif pada lansia. Hasil dari kegiatan ini adalah pengetahuan kader lansia tentang terapi modalitas meningkat.

Kegiatan dilanjutkan dengan penerapan terapi puzzle pada anggota Posyandu lansia dan juga pengukuran kuesioner MMSE sebelum dan sesudah terapi puzzle. Hasil dari kegiatan aplikasi terapi puzzle, didapatkan bahwa lansia mengalami penurunan skor MMSE sebelum dan sesudah terapi puzzle.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *