DOSEN MENGABDILPPM

SOSIALISASI PEMANFAATAN TANAMAN ROSELLA MERAH SEBAGAI SUMBER ANTIOKSIDAN MAKANAN DAN MINUMAN KESEHATAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AN-NUR SURABAYA

Novera Herdiani, S.KM., M.Kes dan Satriya Wijaya, S.KM., M.Kes
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia 

Tanaman rosella merah kering merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan. Berbagai kandungan antioksidan yang terdapat dalam kelopak rosella menjadikan rosella merah memiliki banyak manfaat. Pemanfaatan tanaman rosella merah sebagai bahan pangan untuk makanan dan minuman sangat beragam. Namun saat ini tanaman rosella merah lebih banyak dikenal sebagai bunga yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan teh herbal dan perhatian terhadap rosella sangatlah kurang. Untuk mengembangkan rosella merah menjadi berbagai produk olahan sangat dinantikan namun keterbatasan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, informasi serta peralatan dan pembimbingan yang minim menjadikan sulit terwujud. Permasalahan yang ada selama ini rosella merah hanya diminum biasa dan belum dimanfaatkan secara optimal sebagai makanan dan minuman kesehatan.

Solusi yang diberikan yaitu melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pondok Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya untuk memanfaatkan tanaman rosella yang dibudidayakan untuk dimanfaatkan secara optimal. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 2 Juli 2022 ini dikemas dalam bentuk penyuluhan tentang edukasi pengenalan pemanfaatan tanaman rosella merah sebagai sumber antioksidan berupa makanan dan minuman kesehatan serta menayangkan video dan praktek pembuatan teh rosella dan puding rosella yang dapat dicontoh untuk dibuat secara mandiri. Hal ini untuk membantu terutama santri remaja putra dan putri untuk sebagai sumber ekonomi berwirausaha membuat dan memasarkan produk makanan dan minuman dari tanaman rosella merah. Serta dapat memanfaatkan lahan kosong dilingkungan pondok pensantren dengan menanam tanaman rosella merah yang kaya manfaat. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari perwakilan pengurus Pondok Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya yang diwakili oleh Ibu Lilis Fitriyah dan perwakilan dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya oleh Bapak Satriya Wijaya, S.KM., M.Kes. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan hasil yang positif, dihadiri sebanyak 32 santri putra dan putri. Pelaksanaan kegiatan edukasi pemanfaatan tanaman rosella merah sebagai sumber antioksidan makanan dan minuman kesehatan ini menunjukkan antusias santri sangat baik. Terlihat para santri yang terlibat sangat bersemangat mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut. Sebagian besar santri memahami pemanfaatan tanaman rosella merah yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan dan minuman kesehatan, hal ini dibuktikan dengan hasil pre test dan post test yang menunjukkan kenaikan secara signifikan setelah diberikan edukasi. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah dapat terwujudnya peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat khususnya para santri dengan budidaya tanaman rosella dan menjadikan tanaman rosella sebagai produk makanan dan minuman kesehatan.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *