DOSEN MENGABDI

Tindakan Promotif dan Preventif Anemia pada Ibu Hamil di Desa Petiken Gersik

Gilang Nugraha, S.Si., M.Si
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Dosen Program Studi D-IV Analis Kesehatan dan S1 Gizi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) melakukan penyuluhan gizi dan pemeriksaan hemoglobin pada ibu hamil di Desa Petiken Gersik. Kegiatan Pengabdian Kesehatan ini sebagai upaya pencegahan anemia dan upaya menyaring ibu hamil yang mengalami anemia pada Desa Petiken. Kegiatan ini dilaksanakan pada 6 Agustus 2022 di Bagai Kelurahan Desa Petiken.

Kegiatan penyuluhan gizi dibawakan oleh Ibu Ira Dwijayanti, S.Gz., M.Sc, para ibu hamil dibekali wawasan tentang diet agar kebutuhan zat besi selama kehamilan tercukupi. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan tersebut, para ibu hamil dapat menerapkan pola hidup sehat melalui makanan sehingga dapat terhindar dari anemia.

Kita ketahui bahwa kebutuhan zat besi selama kehamilan mengalami peningkatan, kondisi ini terjadi karena zat besi di butuhkan dalam perkembangan janin. Jika asupan zat gizi tidak tercukupi, maka zat gizi ibu hamil akan mengalami penurunan sehingga salah satu zat yang digunakan untuk pembuatan hemoglobin berkurang dan mengakibatkan anemia. Oleh karena itu dilakukan kegiatan penyuluhan sebagai bentuk kegiatan promotif.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Petiken tidak terhenti pada penyuluhan saja tapi dilanjut dengan melakukan pemeriksaan hemoglobin pada seluruh responden yang hadir sebagai upaya tindakan prefentif. Pemeriksaan ini sebagai upaya dalam menyaring anemia pada ibu hamil dengan melihat kadar hemoglobin. Seluruh ibu hamil yang hadir pada kegiatan tersebut antusias melakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan ini berhasil menyaring lima ibu hamil yang diduga mengalami anemia, sehingga tim pengabdian masyarakat mengarahkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan di fasilitas kesehatan.

Gilang Nugraha merupakan koordinator kegiatan pengabdian masyarakat ini mengatakan bahwa “pemeriksaan hemoglobin ini harus rutin dilakukan pada ibu hamil, agar bisa memantau kesehatan selama kehamilan dan terhindar dari anemia”. Pemeriksaan ini juga sudah tersedia di laboratorium-laboratorium kecil dengan biaya yang terjangkau.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini di fokuskan di Desa Petiken karena tingkat pernikahan dini di desa tersebut sangat tinggi, sehingga tingkat kelahirannya tinggi. Diharapkan pengabdian masyarakat ini dapat membantu warga sekitar khususnya ibu hamil mendapat akses pemeriksaan gratis, membantu kelurahan untuk mengurangi insiden anemia di desanya.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *