DOSEN MENGABDILPPM

PELATIHAN PENGHITUNGAN PEMOTONGAN PPH 21 BAGI WARGA RW 02 DI KELURAHAN DUKUH SETRO, KECAMATAN TAMBAK SARI SURABAYA

Hidayatul Khusnah, S.Pd., M.Sc.
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Surabaya – Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya yang beranggotakan para dosen dan mahasiswa prodi S1 Akuntansi memberikan pendampingan bagi pelatihan penghitungan pemotongan pph 21 bagi warga rw 02 di kelurahan dukuh setro, kecamatan tambak sari surabaya. Sebanyak 25 peserta dari warga RW 02 dukuh setro mengikuti pelatihan pada 30 Mei 2022.

Permasalahan yang dialami oleh masyarakat yaitu masih banyak orang yang belum mengetahui dan memahami penghitungan pemotongan PPH 21. Jadi karyawan biasanya hanya mengetahui dan  menerima uang yang sudah terpotong pajak saja. Setiap warga negara berhak untuk mengetahui dan melaporkan penghitungan jumlah pajak yang dibayar.

“Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetaui bagaimana perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 Karyawan Pada masyarakat di Kelurahan Dukuh Setro, Kecamatan Tambak Sari Surabaya dengan ketetapan peraturan perpajakan yang berlaku.” Ujar hidayatul tim pengabdian, Senin (30/05). 

Pelatihan diawali dengan presentasi oleh tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari para dosen S1 Akuntansi selanjutnya penyampaian materi yang berkaitan dengan penghitungan pemotongan PPh 21 bagi karyawan. Setelah presentasi acara pelatihan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pendampingan pada warga RW 02 Dukuh setro yang mengikuti pelatihan hingga selesai.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat membuat warga RW 02 mengerti tentang penghitungan pemotongan PPh 21 dan berapa pajak yang harus dibayarkan semestinya” tutup hidayatul khusnah. tim pengabdian mengatakan bahwa secara keseluruhan kegiatan pengabdian ini dapat dikatakan behasil, hal ini dapat dilihat dari antusias dari para warga RW 02 yang sangat aktif dan tidak meninggalkan tempat saat berlangsungnya kegiatan.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *