DOSEN MENGABDI

PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PENTINGNYA KUNJUNGAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN DAN KEBUTUHAN GIZI IBU HAMIL

Nanik Handayani, S.Kep.Ns., M.Kes.
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih cukup tinggi, angka ini merupakan salah satu indikator untuk melihat derajat kesehatan ibu. Penyebab AKI salah satunya adalah kurangnya kunjungan ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan ke pelayanan kesehatan sehingga deteksi dini komplikasi tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu pendidikan kesehatan ini diperlukan untuk meningkatkan motivasi ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilannya secara rutin. Pemeriksaan kehamilan secara rutin akan dapat diketahui secara dini penyulit yang dialami oleh ibu sehingga dapat dilakukan rujukan secara dini pula.

Dosen Program Studi S1 Kebidanan, S1 Gizi, dosen Fakultas Kedokteran serta mahasiswa S1 Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) melakukan penyuluhan kesehatan tentang pentingnya kunjungan pemeriksaan kehamilan dan kebutuhan gizi ibu hamil. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Tempat Praktek Mandiri Bidan kelurahan Tawangsari Taman Sidoarjo. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilannya sehingga dapat diketahui secara dini bila terjadi penyulit saat kehamilan, selain itu penyuluhan ini juga memberikan pemahaman pada ibu hamil tentang kebutuhan gizi sehingga dapat menghindari kejadian stunting pada bayi.

Nanik Handayani yang merupakan koordinator kegiatan pengabdian masyarakat ini mengatakan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang kebutuhan gizi ibu hamil serta motivasi ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilan sehingga bisa diketahui secara dini bila terjadi penyulit pada saat kehamilan. Kegiatan ini di lakukan melalui pendekatan family centered maternity care (FCMC). Melalui pendekatan FCMC, peran keluarga sangat dominan serta memungkinkan keluarga untuk membuat keputusan yang terbaik dalam perawatan ibu hamil . Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberdayakan kemampuan ibu hamil dan keluarga dalam memelihara kesehatannya sehingga dapat meningkatkan status kesehatan ibu dan anak.

Fina Amru Millati, S.Kom

Admin Bidang 3 dan IT LPPM UNUSA

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *